Biologi

STANDAR ISI
Mata Pelajaran Biologi Kelompok Kesehatan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat kajian tentang bagaimana mengidentifikasi makhluk hidup dan tidak hidup, mengembangkan bioteknologi, dan mendeskripsikan keseimbangan lingkungan. Melalui mata pelajaran ini peserta didik diarahkan dan dibimbing untuk menjadi calon pekerja yang mampu menerapkan kompetensinya dalam mengelola lingkungan secara arif. Di samping itu mata pelajaran Biologi mempersiapkan kemampuan peserta didik sehingga dapat mengembangkan program keahliannya pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

B. Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
6. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan
7. Membekali pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap lingkungan alam dan sekitarnya
8. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan alam sekitar dalam kehidupan sehari-hari
9. Mengembangkan pemahaman dan kemampuan untuk menunjang kompetensi produktif.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Biologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Makhluk hidup dan tidak hidup
2. Metabolisme dan enzim
3. Pengembangan bioteknologi
4. Keseimbangan lingkungan dan lingkungan organisme.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standard Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi sel dan jaringan makhluk hidup 1. 1 Mengidentifikasi sel tumbuhan dan sel hewan
1. 2 Mengidentifikasi jaringan tumbuhan
1. 3 Mengidentifikasi jaringan hewan
2. Mengidentifikasi morfologi dan anatomi struktur tumbuhan dan hewan 2. 1 Mengidentifikasi morfologi hewan
2. 2 Mengidentifikasi morfologi tumbuhan
2. 3 Mengidentifikasi anatomi tumbuhan
2. 4 Mengidentifikasi anatomi hewan
3. Mengidentifikasi metabolisme dan enzim 3. 1 Mendeskripsikan proses dan produk metabolisme pada makhluk hidup (tumbuhan dan hewan)
3. 2 Mengidentifikasi enzim dan peranannya
4. Mengidentifikasi mikroorganisme dan peranannya 4. 1 Mengidentifikasi jamur dan khamir
4. 2 Mengidentifikasi peran jamur dan khamir
4. 3 Mengidentifikasi virus
4. 4 Mengidentifikasi peran virus
4. 5 Mengidentifikasi bakteri
4. 6 Mengidentifikasi peran bakteri
5. Menerapkan konsep tumbuh kembang tumbuhan dan hewan 5. 1 Menerapkan konsep tumbuh kembang tumbuhan
5. 2 Menerapkan konsep tumbuh kembang hewan
6. Mengidentifikasi proses reproduksi pada tumbuhan dan hewan, 6. 1 Mengidentifikasi proses reproduksi pada tumbuhan dan pemencarannya
6. 2 Mengidentifikasi proses reproduksi pada hewan
7. Mengolah limbah tumbuhan dan hewan 7. 1 Mengidentifikasi macam-macam limbah
7. 2 Mengolah limbah tumbuhan
7. 3 Mengolah limbah hewan
8. Mendeskripsikan komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan 8. 1 Mengidentifikasi komponen ekosistem
8. 2 Mengidentifikasi jenis polusi dan limbah pada lingkungan kerja
8. 3 Mendeskripsikan dampak polusi lingkungan kerja terhadap kesehatan
8. 4 Mengidentifikasi teknologi pengolahan limbah pertanian dan hewan

9. Mengidentifikasi hubungan antarkomponen dalam ekologi 9. 1 Mengidentifikasi komponen lingkungan abiotik
9. 2 Mengidentifikasi komponen lingkungan biotik
9. 3 Mengidentifikasi interaksi antarkomponen ekologi

10. Mengaplikasikan peran sistematika organisme dalam kehidupan 10. 1 Mengklasifikasikan jenis mikroorganisme berdasarkan ciri dan sifatnya
10. 2 Mengklasifikasikan jenis tumbuhan berdasarkan ciri dan sifatnya
10. 3 Mengklasifikasikan jenis mikroorganisme berdasarkan ciri dan sifatnya

11. Menerapkan prinsip-prinsip genetika tanaman dan hewan 11. 1 Mengidentifikasi gen dan kromosom
11. 2 Menerapkan hukum mendel dan penyimpangannya
11. 3 Menerapkan dasar-dasar pemuliaan tanaman
11. 4 Menerapkan dasar-dasar pemuliaan hewan
12. Mengidentifikasi pengembangan bioteknologi dan dampaknya 12. 1 Mengidentifikasi mikroorganisme dalam proses bioteknologi
12. 2 Mengidentifikasi kultur jaringan dan sel
12. 3 Mengidentifikasi dampak pengembangan bioteknologi

E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: